Keputihan & Gejala Awal Infeksi Vagina

Infeksi vagina, juga disebut vaginitis, adalah iritasi pada vagina yang menyebabkan perubahan pada pengeluaran cairan vagina, gatal, bau dan tanda-tanda lainnya. Kebanyakan wanita memiliki cairan vagina. Cairan ini membuat vagina bersih dan lembab. Pengeluaran normal memiliki bau ringan,harus bening, putih atau kuning. Hal ini mungkin meninggalkan warna

kekuningan di celana Anda ketika mengering. Anda mungkin memiliki beberapa hari dimana Anda mengeluarkan banyak cairan bening dan licin disekitar pertengahan antara periode bulanan Anda. Hal ini terjadi ketika ovarium melepaskan telur.

Tanda-tanda

Anda mungkin memiliki satu atau lebih dari tanda-tanda ini dengan  infeksi vagina:

  • Perubahan warna, jumlah atau bau vagina
  • Gatal atau rasa panas di sekitar vagina
  • Pembakaran saat buang air kecil
  • Sebuah dorongan untuk buang air kecil lebih sering
  • Luka atau kutil di dekat lubang vagina
  • Nyeri hubungan seksual
  • Menggigil atau demam
  • sakit perut atau nyeri perut atau kram

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi. Dokter Anda akan melakukan ujian untuk mengetahui jenis infeksi.

Jenis Infeksi Vagina

Infeksi Ragi

Infeksi Ragi disebabkan oleh jamur. Pengeluaran cairan vagina yang tebal, putih dan terlihat seperti keju cottage. Berbau keras namun tidak busuk. Infeksi ragi dapat menyebabkan gatal vagina.

Bacterial Vaginosis (BV)

Bakteri yang hidup dalam tinja menyebabkan jenis infeksi vagina. Pengeluaran vagina encer, berwarna abu-abu, banyak dan berbau busuk. Mungkin ada rasa sakit saat buang air kecil dan gatal di sekitar vagina.

Vaginitis atrofi

Penipisan dan menyusutnya vagina menyebabkan infeksi ini. Hal ini dapat terjadi ketika tingkat estrogen yang rendah setelah menopause, melahirkan atau saat menyusui. Hal itu dapat menyebabkan pengeluaran, gatal dan rasa panas. Buang air kecil dan hubungan seksual dapat menjadi sulit dan menyakitkan.

Trikomoniasis Vaginitis

“Trich” adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Pengeluaran banyak dengan bau, gatal, dan hubungan seksual yang menyakitkan dan buang air kecil dapat terjadi. Beberapa wanita tidak memiliki tanda akan penyakit ini. Anda dapat terinfeksi juga jika pasangan Anda tidak juga diobati.

Perawatan Anda

Temui dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi.
Pengobatan Anda mungkin mencakup:

  • Obat-obatan

Selesaikan semua pengobatan Anda seperti yang diperintahkan. Infeksi mungkin masih ada bahkan jika pengeluaran hilang sebelum obat selesai.

  • Mandi

Mandi atau cuci setiap hari dan bersihkan daerah sekitar vagina dengan baik. Jaga daerah kering sebisa Anda. Pakai celana dalam katun.

  • Sanitary pad

Gunakan sanitary pad jika ada banyak pengeluaran. Jangan gunakan tampon untuk menyerap pengeluaran.
Baik Anda dan pasangan Anda mungkin memerlukan pengobatan pada beberapa jenis infeksi vagina yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Tanyakan kepada dokter Anda jika pasangan Anda membutuhkan perawatan. Jika Anda diminta untuk kembali untuk check-up, pastikan untuk menjadwalkan janji untuk itu.

Mencegah Infeksi vagina

Jika Anda memiliki infeksi vagina yang terus datang kembali, cobalah tips-tips untuk membantu mencegah hal itu:

  • Hindari penyebaran kuman dari  rektum ke vagina. Setelah buang air besar, bersihkan dari depan ke belakang, jauh dari vagina.
  • Bersihkan bibir vagina dengan baik dan jaga daerah kering sebisa mungkin.
  • Hindari iritasi sabun atau deterjen, semprotan feminin, kertas toilet wangi atau tampon wangi.
  • Bersihkan aplikator diafragma dan spermisida dengan air sabun panas dan bilas dengan baik.
  • Jangan gunakan douche (alat yang digunakan untuk mengalirkan air ke dalam tubuh) Menggunakan douche untuk membersihkan vagina dapat membasuh bakteri baik dan menyebabkan Anda memiliki lebih banyak infeksi vagina.

Cairan vagina Anda akan berbau beda selama siklus bulanan Anda. Ini adalah normal. Jika Anda memiliki bau yang tidak hilang setelah pencucian, periksa dengan dokter atau perawat.
Menggunakan douche setelah hubungan seksual tidak mencegah kehamilan. Wanita yang menggunakan douche mungkin memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan penyakit  radang panggul.

  • Hindari celana jeans ketat, celana dalam atau panty hose yang tidak terbuat dari kapas, dan pakaian lainnya yang dapat memlihara kelembaban.
  • Jangan gunakan pengobatan rumah (home remedies). Obat rumahan hanya menyembunyikan masalah.
  • Gunakan  kondom untuk melindungi diri dari penyakit menular seksual (STDs).

Bicaralah dengan dokter atau perawat jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah

Sumber: doktermu.com

Tips Cara Pencegahan dan Pengobatan Infeksi Vagina bisa anda dapatkan disini: Cara Mandiri Mengobati Infeksi Vagina

Perihal Boyke&Co
Member Aktiv atau Distributor Resmi PT.ABE atas Produk Pasutri Boyke&Co dengan MID:0019856 pada abe-global.com dan bagian dari grup marketing online Abenetwork.com, www.herbalboyke.com sebagai support aktivitas dan tips serta product knowledge. SEMUA PAKET PRODUK DIKIRIM DARI STOCKIST SC.02 PT.Accelerate Business Eminence, Jl.dr.Otten 29 BANDUNG - HP: 085289855836 ~Melayani kirim paket dalam dan luar negeri~

Diskusikan Pendapat anda disini atau SMS Call: 085289855836

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: